Kelebihan Produk Digital

Kelebihan Produk Digital

Setelah kita mengetahui apa itu produk digital dan jenis-jenisnya, sekarang saatnya kita belajar lebih dalam mengenai kelebihan produk digital dibanding produk fisik. Harapannya, setelah Anda paham kelebihan-kelebihan produk digital, Anda bisa segera take action untuk membuat produk digital Anda sendiri. Bisa dalam bentuk ebook, video (tutorial), audio, maupun software. Okey, lantas seperti apakah kelebihan produk digital? Yuk, kita pelajari bersama sekarang! Raptor sudah membahasnya seperti berikut ini. 😀

 

Hemat Biaya Produksi

Jika Anda berpikiran, “Saya mau buat buku (cetak) saja”, maka paling tidak Anda juga akan memikirkan beberapa hal berikut ini :

  1. Saya mau cetak bukunya di mana ya?
  2. Harganya berapa ya?
  3. Cetak berapa eksemplar ya?
  4. Berapa besar PPN-nya ya?
  5. Distribusinya nanti bagaimana ya?
  6. Dan sederet hal-hal ribet lainnya yang harus Anda penuhi.

Hal-hal di atas sudah bisa menunjukkan bahwa membuat produk fisik membutuhkan biaya yang cukup besar dan usaha yang tidak sedikit. Banyak pengorbanan yang harus Anda curahkan hingga produk fisik Anda siap dijual ke pasaran. Coba sekarang kita bandingkan dengan produk digital. Produk digital memang tak sepenuhnya lepas dari yang namanya budget. Tetapi secara hitung-hitungan, budget yang dikeluarkan untuk membuat produk digital jauh lebih kecil dibanding produk fisik.

Pada kasus yang sama, seorang penulis buku yang menjual bukunya dalam bentuk produk digital (ebook) , maka dia akan berfokus pada bagaimana bukunya memiliki value yang berbeda dengan buku saingannya. Misal dengan desain yang rapi dan elegan, bahasa yang “renyah” bagi pembaca, dll.  Fokusnya tidak terpecah terhadap berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mencetak buku. Sebab, produk fisik tidak ada biaya cetak-mencetak. Anda juga tidak akan perlu khawatir terkait stok produknya, karena produk digital stoknya tak terbatas (unlimited stock). Tinggal Copy => Paste (download), beres. Produk digital bisa diunduh hingga jumlah tak terbatas. Diunduh berapapun tak akan pernah habis. Dengan demikian, produk digital jauh lebih hemat produksi dibandingkan produk fisik.

 

Mudah Melakukan Up-Selling

Up-selling merupakan suatu penjualan dengan sistem, “Anda menjual suatu produk dengan menawarkan produk lain yang masih berkaitan dengan produk utama“. Atau bisa juga dengan strategi, “Jika ada pembeli membeli produk A, maka dia akan mendapatkan diskon untuk produk B”. Strategi up-selling ini bisa mendongkrak/memperlaris penjualan produk digital Anda.

 

Mudahnya Membuat Jaringan Bisnis

Mencari calon pembeli di bisnis produk digital, tidak sesulit penjualan produk fisik. Anda bisa promosi dengan mudah via media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, maupun menggunakan email marketing. Sekarang promosi produk jauh lebih murah dan mudah sejak hadirnya beragam jenis platform social networking (media sosial) yang bisa diakses secara real time kapan saja. Menjual produk digital juga akan mempermudah dalam membuat jaringan bisnis. Anda bisa lebih mudah memiliki kontak personal dari masing masing orang yang beli, baik kontak WA, email, maupun sosial media mereka. Semakin banyak kontak pembeli yang Anda miliki, jaringan bisnis Anda akan semakin besar.

 

Penjualan Meroket Via Marketplace Digital

Jika Anda sudah punya produk digital, Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara menjualnya. Jika Anda masih newbie (pemula) dalam hal pemasaran online, Anda sangat disarankan menggunakan jasa marketplace digital seperti Ratakan.com. Dengan bantuan marketplace digital, produk Anda akan dibantu promosi ke ribuan orang dengan mudah. Mungkin Anda akan merasa, “Wah pendapatan saya berkurang dong, kalau pakai layanan seperti itu?“.

Jangan su’udzon dulu! Coba Anda pikirkan matang-matang, coba Anda renungkan dalam-dalam dampak positif yang Anda dapatkan dari jasa marketplace. Misalnya seperti blast email promosi produk Anda ke ribuan bahkan puluhan ribu orang calon pembeli. Anda juga akan dibantu promosi oleh jaringan affiliate. Belum lagi terkait keuangan penjualan produk Anda. Semua transaksi penjualan produk Anda beserta keuangannya, akan ditangani secara profesional oleh tim marketplace. Anda tinggal terima profit saja.

Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan kontak database dari para pembeli produk Anda, sehingga Anda bisa melakukan follow-up atau menawarkan produk baru di lain waktu. Intinya jika Anda menjual produk digital via marketplace digital, penjualan produk Anda bisa meroket dan tentunya profit yang Anda terima juga akan semakin meroket. Sudah siap jualan di marketplace?

 

Bikin Sekali, Jual Berkali-Kali

Kalau Anda menjual produk fisik, misalkan baju, apakah untuk satu baju dapat Anda jual 2 kali? Bukankah Anda hanya dapat menjualnya sekali saja? Dan jika stok sudah habis, Anda harus menyediakan stok lagi, harus produksi lagi, harus kerja lagi?. Berbeda jika Anda menjual produk digital, Anda hanya buat sekali saja, setelah itu Anda dapat menjualnya berkali-kali tanpa batasan jumlah (unlimited stock). Pelanggan Anda cukup menyalin dari file utama Anda, dalam artian pelanggan cukup men-download file produk digital Anda tanpa perlu campur tangan Anda lagi. Asyik kan? 😀 Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan potensi passive income tak terbatas.

 

Mudah Dikembangkan

Coba Anda lihat baju yang sudah ketinggalan model, apakah baju tersebut mudah untuk diubah bentuk/modelnya? Tentu susah bukan? Bebeda dengan produk digital seperti ebook atau software yang mudah sekali dikembangkan (diperbarui)Anda dapat meng-upgrade dan mengubahnya sepanjang waktu, kapan pun Anda mau.

 

Mudah Dijual

Ingat, jika Anda bisnis produk digital, Anda dapat menikmati kehidupan Anda dengan lebih santai. Sebab, Anda tidak harus memikirkan banyak hal terkait penjualan produk, Anda bisa menitipkan pada marketplace digital seperti Ratakan.com. Anda tinggal fokus membuat produk digital baru sebanyak-banyaknya. Semakin banyak produk digital yang Anda buat, semakin banyak pula potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Namun, tunggu dulu! Jangan buru-buru! Sebelum Anda bisa menjual produk di marketplace Ratakan.com, Anda harus menyiapkan salah satu media promosi online, yaitu landing page (halaman web penjualan). Bagi para online marketer yang sudah profesional, tentu membuat landing page bukan menjadi masalah berarti. Nah, bagaimana dengan para pebisnis online yang masih newbie (pemula)? Kebanyakan para pebisnis online pemula akan kesulitan dalam membuat halaman landing page. Termasuk Andakah di dalamnya?

Terlebih bagi Anda yang memang tidak punya latar belakang IT dan tidak tahu menahu tentang dunia website, tentu akan sangat sulit membuat halaman landing page. Lantas, adakah solusinya untuk masalah ini? Tenang, ada kok solusinya. 😀 Raptor siap membantu Anda membuatkan landing page. Asyiknya lagi, landing page tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis, dalam artian Anda tidak dipungut biaya cash sepeserpun. Sistemnya menggunakan sistem bagi hasil seperti yang sudah dijelaskan dengan panjang lebar DI SINI!. Anda tertarik atau semakin tertarik dan sekarang pengin banget gabung? SIlahkan segera kontak Raptor sekarang juga, caranya KLIK DI SINI ya. Okey, sekian dulu dari Kami, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa like & share ya, biar semakin banyak orang yang terbantu dengan jasa Anda. Terima kasih, sukses selalu! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *