Pengertian Bisnis Online

Punya Kemampuan, Tapi Susah Dapet Kerjaan ? Bisnis Online Aja !

 

Jika Anda mengikuti dan memperhatikan berita-berita tentang lowongan dan lamaran kerjaan, pasti Anda akan dapat menyimpulkan bahwa “semakin bertambah tahun, data pelamar kerja meningkat dengan pesat”. Bahkan kadang untuk menempati satu kursi pekerjaan tertentu, suatu lembaga harus menyeleksi hingga 1000 orang yang melamar.

Hal inilah yang membuat Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno mengusulkan kepada mahasiswa untuk tidak lagi berharap menjadi seorang pelamar kerja sehabis kuliah, tetapi beralih menjadi seorang yang menciptakan lapangan kerja. Sebab, bukan hanya karena banyaknya pelamar yang selalu bertambah tiap tahun, tetapi juga dikarenakan pemerintah mulai kewalahan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk puluhan ribu, bahkan ratusan ribu lulusan mahasiswa setiap tahunnya.

Jika Anda ingin bekerja karena memiliki kemampuan tertentu, tetapi Anda merasa tidak beruntung dalam melamar menjadi seorang pegawai, cobalah menjadi seorang yang bekerja di bawah tekanan Anda sendiri. “Jadilah orang yang memiliki perusahaan, waktu kerja, dan karyawan yang Anda kelola sendiri”. Anda pasti tahu kan apa maksud dari kata-kata tersebut? Yups, maksudnya adalah “Jadilah Seorang Pebisnis!”.

 

Stop Berpikir Negatif Dulu Terkait Bisnis! Ternyata Memulai Bisnis Itu Mudah

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan dunia digital, menjadi pebisnis tidaklah sesulit dahulu. Dengan hanya bermodalkan smartphone dan jaringan internet Anda dapat memulai bisnis Anda sekarang juga. Kok bisa? Ya, bisa saja. Itulah yang disebut dengan Bisnis Online, sering dengar kan istilah bisnis online? Lantas apa sih sebenarnya bisnis online itu? Baik, kali ini Raptor akan membahas apa itu bisnis online. Harapannya setelah Anda mengetahui apa itu bisnis online, Anda bisa segera take action, segera memulainya.

 

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online secara sederhana dapat diartikan sebagai bisnis yang dilakukan secara online menggunakan media internet. Ketika Anda melakukan transaksi jual beli barang, misalnya HP dan dilakukan secara online, seperti penawarannya via WA, cara pembayarannya via transfer bank, dan pengirima barangnya via jasa ekspedisi maka itulah yang disebut bisnis online. Tidak terbatas pada produk fisik, Anda pun bisa berbisnis online produk digital. Bahkan berbisnis produk digital memiliki banyak kelebihan dibanding bisnis produk fisik. Apa kelebihannya? Temukan jawabannya dengan klik di sini!

Sekarang Anda bisa berbisnis produk digital seperti ebook, video tutorial, audio, maupun software. Caranya Anda bisa menjadi seorang affiliate (membantu mempromosikan produk digital orang lain) dan bisa juga Anda menjadi pemilik produknya langsung alias menjadi vendor produk. Sudah banyak orang yang berhasil berbisnis online produk digital. Tidak hanya menghasilkan omset puluhan juta atau ratusan juta saja, bahkan ada yang bisa  mencapai milyaran rupiah hanya dari 1 produk digital saja. Jadi, berbisnis produk digital di era digital saat ini SANGAT MENJANJIKAN. Karenanya, jika Anda tidak ikut terjun ke dalamnya, Anda akan sangat MERUGI.

 

Pentingnya Kredibilitas Dalam Bisnis Online

Satu hal yang sangat penting dari berbisnis online adalah KEPERCAYAAN (kredibilitas). Mengapa kredibilitas itu penting? Sebab, bisnis online itu bisnis yang tidak ada tatap muka secara langsung, tidak ada ketemuan secara langsung di suatu tempat yang sama. Semuanya mengandalkan yang namanya kepercayaan. Kepercayaan menjadi hal utama yang akan menentukan berkembang tidaknya bisnis online Anda.

Bisnis online merupakan bisnis parsial sehingga kita memerlukan adanya kepercayaan dan rasa percaya pada orang lain. Parsial artinya kita bisa saja hanya sebagai orang yang menawarkan produk saja, tetapi pada kenyataannya tidak memiliki produk (sistem dropship/affiliate) atau bisa juga sebagai penyedia produk saja (supplier/vendor), tetapi tidak menawarkan produknya sendiri.

Disinilah letak kepercayaan menjadi kunci utama kesuksesan bisnis online Anda. Misalkan saja jika Anda mempercayai seseorang untuk mengirimkan barang kepada konsumen ternyata orang tersebut tidak mengirimkannya, maka konsumen akan mem-black list Anda dari daftar kepercayaan mereka. Jika hal tersebut terjadi akan SANGAT BERBAHAYA. Sebab, keburukan bisa menular dan menyebar ke mana-mana, terlebih di era media sosial seperti saat ini.

Hal tersebut akan menyebabkan Anda kehilangan satu pelanggan dan bahkan tidak hanya satu dua pelanggan saja, bisa jadi lebih banyak dari itu. Karena di dalam bisnis online orang cenderung akan menggunakan produk/jasa orang berdasarkan pada tingkat kepuasan orang yang menggunakan produk/jasa sebelumnya. Hal tersebut berlaku sebaliknya, jika sekali saja orang mengenal service/pelayanan Anda bagus dan pembeli terpuaskan, maka mereka tidak akan khawatir lagi untuk terus menjadi pelanggan setia Anda. Begitulah sedikit contoh kasus dari dunia bisnis online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *